PT Multi Terminal Indonesia

  Jl. Pulau Payung No.1 Tanjung Priok Jakarta

PT Multi Terminal Indonesia Menandatangani Nota kesepahaman dengan PT Perikanan Nusantara (Perinus)

28

Agu

2017


(Jakarta, 25 Agustus 2017), PT IPC Logistic Services/PT Multi Terminal Indonesia (MTI) menandatangani nota kesepahaman dengan PT Perikanan Nusantara (Perinus) dan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Ketiga perusahaan BUMN itu sepakat bekerjasama penanganan logistik dan perdagangan komoditas hasil laut nasional.



Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama MTI Tony Hajar Andenoworih, Direktur Keuangan Perinus Ridwan Zachrie, dan Direktur Utama Perum Perindo Sjaril Japarin. Hadir pada acara tersebut Menteri BUMN Rini Sumarno serta Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) selaku pemegang Saham selaku saksi.

Ketiga perusahaan sebelumnya telah melakukan penjajakan bersama dan melakukan kajian penanganan logistik hasil perikanan. Kerjasama tersebut  antara lain terkait gudang, pengemasan, dan cara menyimpanan hasil perikanan. Khusus packaging hasil perikanan dimaksudkan agar tetap segar sampai kepada pelanggan/customer.



“Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, kami berharap MTI bisa berkontribusi dalam upaya menekan biaya logistik, khususnya untuk pulau terluar Indonesia. Biaya logistik kita dikenal mahal. Itulah sebabnya MTI mengandeng sejumlah BUMN yang sudah memiliki jalur rantai distribusi, sehingga mampu menekan biaya logistik. Dengan begitu kita dapat menekan disparitas harga antara kawasan Barat dan Timur Indonesia secara maksimal,” papar Tony di sela-sela acara, di Jakarta, 25/08.



Secara keseluruhan, penandanganan Nota Kesepahaman dilakukan tujuh perusahaan BUMN, satu anak perusahaan BUMN, dan satu Pemerintah Daerah. Penandatanganan ini dilakukan sebagai tahap awal membangun kerjasama dan sinergi guna mencari solusi efektif mengembangkan industri maritim nasional.



“Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan BUMN menjadi tuan rumah sendiri dalam penanganan logistik sesuai dengan tema BUMN hadir untuk negeri. Kami senang bisa ikut berperan dalam program ini, guna mensukseskan program Tol Laut Presiden Jokowi,” ujar Corporate Secretary, Elis Suhana.



MTI yang juga dikenal sebagai IPC Logistic Services merupakan salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Didirikan pada 15 Februari 2002, Pelindo II menguasai 99% saham  MTI.



Saat didirikan, MTI memiliki tiga unit usaha; terminal multipurpose, terminal peti kemas, dan logistik. Namun sejak 2015, IPC mengarahkan bisnis MTI agar fokus pada layanan logistik. MTI saat ini mengoperasikan pengiriman barang domestik dan internasional, pergudangan, lapangan, pengiriman kontainer melalui kereta api, Tempat Pemeriksaan Fasilitas Terpadu (TPFT), Halal Logistic & Cold Storage, multi kargo & transportasi, dan Unit Pengusahaan Alat. Selain itu, MTI punya lima kantor cabang yang beroperasi di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Banten. (*)

Share